Selasa, 16 Februari 2016

Situ Patenggang





Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah suatu danau yang terletak di kawasan objek wisata Bandung selatan, Ciwidey dengan ketinggian 1600 meter diatas permukaan laut, pemandangannya sangat eksotik, berjarak 7km dari kawah putih Ciwidey




Berdasarkan informasi yang tertera di lokasi wisata, situ Patenggang berasal dari bahsa Sunda, pateangan-teangan ( saling mencari ). Mengisahkan  cinta Putra Prabu dan Putri titisan Dewi yang besar bersama alam, yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka berpisah untuk sekian lama, karena cintanya yang begitu mendalam, mereka saling mencari dan akhirnya bertemu disebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan Batu Cinta. Dewi Rengganispun minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama. Perahu inilah yang sampai sekrang menjadi pulau yang berbentuk hati ( Pulau asmara/ pulau sasaka ). Menurut cerita ini, yang singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara, senantiasa mendapat cinta yang abadi seperti mereka.




Tempat ini juga dikelilingi perkebunan teh, teh walini adalah teh yang terkenal dari Bandung, sudah memasuki ke hotel-hotel dan dijual bebas di supermarket kota-kota besar.




Luas Situ Patenggang sekitar 45.000 hektar. serta total luas cagar alamnya mencapai 123.077,15 hektar. Tempat yang tenang, nyaman dan sejuk, danau yang luas serta hijaunya pepohonan, sore hari menjelang , kabut mulai menyelimuti danau, hawa dingin menyapa.




Tiket masuk 18.000/orang untuk weekday dan 20.500/orang untuk weekend, sepanjang jalan banyak penjual camilan, kaos , oleh oleh dan warung makan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar