Selasa, 09 Februari 2016

Jajanan Khas Pasar Gede Kota Solo


Ke Solo kalau tidak jajan ke pasar ada yang kurang rasanya. Pasar Gede Hardjonagoro merupakan pasar tertua di Solo, perancangnya adalah Ir. Thomas Kartsen sekitar tahun 1930 selesai pembangunan pasar ini. Begitu masuk ke dalam pasar anda akan disuguhi berbagai macam buah buahan dan sayuran hasil panen, keadaan dalam pasar pun terang, cahaya matahari tembus, ventilasi yang bagus.




haus? pengen yang seger-seger? yak Es Dawet telasih yang legendaris ada di pasar ini, ada beberapa los, tapi yang paling terkenal ES dawet telasih Bu dermi, yang sudah 3 generasi, banyak yang rela antri demi menikmati es dawet ini, dan memang rasanya enak seger kenyang. Semangkok 8ribu rupiah isinya cendol, tape hijau, ketan hitam, bubur sumsum, biji telasih. Dijamin ketagihan :)




Ini nih jajanan khas Solo namanya lenjongan, terdiri dari gendar, klepon, sawut, jongkong, gatot, getuk, tiwul, cenil, klepon, ketan hitam, ketan putih, grontol (jagung), lalu ditaburi kelapa gula halus, gula merah cair. Rasanya enak banget, lumer dimulut, manis dan gurih di tiap gigitannya. Dan harganya sangat terjangkau, 5.000 sudah lengkap semua, 3.000 pun boleh tetap dilayani.


                           


Makanan yang menarik lainnya adalah Brambangasem , sepincuk harganya 5.000 udah dapat bakmi goreng, tahu bacem tempe gembus, sayuran (daun ubi jalar,timun,mlanding) bumbunya bawangmerah,asem,cabai,terasi,garam. Bisa dipastikan rasanya pedes seger, bikin mata melek. :D




Tidak ada komentar:

Posting Komentar